Friday, August 01, 2008

Siapa Pun Pengganti Olmert, Perdamaian di Palestina Akan Tetap Suram


Pernyataan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert bahwa dirinya akan mengundurkan diri, tidak akan mengubah situasi di Timur Tengah terutama terkait dengan prospek perdamaian antara negara Zionis Israel dengan Palestina dan Suriah. Pengadilan kasus korupsi yang melibatkan Ehud Olmert, membuatnya tak berkutik dan Olmert menyatakan bahwa ia tidak akan ikut dalam pemilihan ketua Partai Kadima bulan September mendatang dan akan menyerahkan jabatan perdana menteri pada penggantinya untuk meneruskan pemerintahan di Israel. Meski demikian, sistem politik yang berlaku di Israel memungkinkan Olmert untuk tetap menjabat sebagai perdana menteri sampai masa jabatannya berakhir tahun 2009. Atas kemungkinan itu, Olmert mengatakan, selama dirinya masih berada dalam posisinya sekarang, ia akan bekerja keras untuk menciptakan perdamaian. Olmert juga mengatakan bahwa dialog dengan Palestina dan Suriah "lebih dekat dari yang pernah terjadi" selama ini untuk mencapai kesepahaman.

Namun, kekacauan internal di pemerintahan Israel membuatnya sulit untuk membuat kesepakatan-kesepakatan baik dengan Palestina maupun Suriah, tindakan yang selalu dihindari pimpinan-pimpinan negeri Zionis. Analis politik di Israel, Yossi Alpher mengatakan, pengunduran diri Olmert akan memperlambat proses dialog dengan Palestina dan Suriah. "Negara-negara Arab akan mempertanyakan apa manfaat kesempatan dengan Olmert nantinya, karena Olmert sendiri mengakui dirinya lemah dan dia akan menghadapi kesulitan untuk mendapatkan persetujuan atas kesepakatan-kesepakatan yang dibuatnya, " kata Alpher. Sementara Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki mengatakan, keputusan Olmert untuk mundur tidak akan mengubah apapun. "Betul, Olmert sangat antusias dengan proses perdamaian. Dan ia membicarakan proses ini dengan penuh perhatian, tapi proses tersebut tidak mencapai kemajuan atau terobosan baru, " kata Malki.

Meski Olmert selalu menolak bahwa ia telah melakukan tindak kriminal, Olmert mengatakan akan mundur jika ia didakwa. Keputusan Olmert untuk tidak lagi memimpin partainya, Partai Kadima, memicu munculnya wacana agar segera dilakukan proses pemilihan perdana menteri baru. Kandidat-kandidat utama pengganti Olmert adalah Menteri Luar Negeri Tzipi Livni dan Menteri Transportasi Shaul Mofaz yang pernah menjabat sebagai kepala staff angkatan bersenjata dan menteri pertahanan Israel. Pollin-polling yang dilakukan di Israel menunjukkan Livni memiliki peluang besar untuk menggantikan Olmert. Jika Livni terpilih, maka Livni akan menjadi perdana menteri perempuan kedua di Israel setelah Golda Meir. Livni juga dikenal sebagai pejabat pemerintahan Israel yang bersikap keras terhadap Palestina. (eramuslim)

No response to “Siapa Pun Pengganti Olmert, Perdamaian di Palestina Akan Tetap Suram”

 
© 2009 :: Rio's Blog | Love Aswaja ::. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Blogger Layout by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz |Modern Home Design