Thursday, August 07, 2008

Seorang Pejabat Saudi Tuntut Pabrik Mobil Nissan Minta Maaf


Seorang pejabat Kerajaan Arab Saudi meminta pabrik mobil Nissan minta maaf atas iklan salah satu produk mobilnya yang dibuat oleh rumah produksi Israel dan ditayangkan di televisi Israel. Pejabat Saudi itu menilai iklan tersebut bernuansa rasis dan menghina para syaikh Arab. Dalam iklan yang dibuat oleh rumah produksi Israel Inbar Merhav Shaked, para saudagar minyak Arab digambarkan sebagai orang-orang yang bengis dan melakukan perusakan terhadap mobil Nissan Tiida, produk mobil Nissan terbaru yang dipromosikan ramah lingkungan. Iklan dimulai dengan menampilkan sekelompok orang yang digambarkan sebagai orang Arab kaya sedang keluar dari hotel dan melihat mobil Nissan terbaru itu. Ketika mereka tahu bahwa mobil itu mobil hemat bahan bakar, satu orang Arab yang menggunakan busana tradisional lelaki Arab yaitu baju gamis panjang berwarna putih, langsung menendang ban mobil itu lalu melompat ke atas kap mobil dan melayangkan tinjunya ke kaca depan mobil.

Adegan selanjutnya, terlihat sekelompok aparat keamanan mencoba mengamankan laki-laki itu, yang dalam iklan tersebut ditampilkan berteriak-teriak dan melontarkan makian pada mobil tersebut. Di akhir tayangan iklan, terdengar narasi dengan kalimat, "Jelas, perusahaan-perusahaan minyak tidak senang dengan Anda." Dalam siaran MBC TV-perusahaan induk stasiun televisi Al-Arabiya-Hani al-Wafa, nama pejabat Saudi itu mendesak agar perusahaan Nissan minta maaf atas iklan tersebut. "Menurut saya, Nissan sudah melakukan kesalahan besar karena telah menyalakan sikap rasis ini, " kata al-Wafa. "Kita harus mengenakan sanksi... terhadap hal-hal seperti ini. Kalau Nissan ingin tetap kepentingannya terjadi di wilayah ini, Nissan harus minta maaf, " tandanya.

Tapi Juru Bicara Nissan di Israel, Daniella Ribenbach pada The Jerusalem Post ia mengatakan bahwa iklan itu iklan yang lucu dan disenangi baik oleh orang Yahudi maupun dunia Arab. Ia menolak berkomentar lebih jauh tentang tuntutan pejabat Saudi itu, begitu juga dengan rumah produksi Israel yang membuat iklan tersebut. (eramuslim)

No response to “Seorang Pejabat Saudi Tuntut Pabrik Mobil Nissan Minta Maaf”

 
© 2009 :: Rio's Blog | Love Aswaja ::. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Blogger Layout by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz |Modern Home Design