Wednesday, November 05, 2008

Pangeran Charles Kunjungi Pesantren Krapyak


Pewaris tahta kerajaan Inggris Pangeran Charles, Selasa (4/11) kemarin berkunjung ke Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, untuk menyaksikan langsung suasana pesantren dan aktivitas belajar para santri di pesantren yang telah melahirkan banyak ulama itu. Pangeran Charles disambut oleh pengasuh pesantren KH Attabik Ali diiringi alunan suara rebana yang dibawakan sejumlah santri. Ia lantas diajak berkeliling ke berbagai fasilitas di pondok pesantren seperti laboratorium bahasa dan ruang komputer. Dalam acara penyambutan, sang pangeran sempat terlena dangan lantunan Al-Qur’an Surat Ar-Rum ayat 39-41 yang dibacakan oleh seorang santri. Ayat-ayat ini berisi tentang kerusakan muka bumi akibat perbuatan manusia.

“Makna ayat-ayat tersebut dapat mendorong manusia untuk melakukan kegiatan pelestarian alam dan menghindari kerusakan lingkungan,” katanya. Pangeran Charles memberikan apresiasi ajaran agama Islam yang mempunyai nilai-nilai pelestarian lingkungan. Sekretaris Ponpes Ali Maksum KH Khoirul Fuad mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menyambut Pangeran Charles. "Kami tidak melakukan persiapan khusus. Beliau datang ke sini atas keinginan sendiri," katanya. Dengan kedatangan Pangeran charles ini, dia berharap bisa mengubah pandangan dunia barat selama ini yang menganggap pesantren sebagai tempat terbelakang dan berisi ajaran-ajaran fundamentalisme. Menurutnya, pandangan itu harus dihilangkan.

"Pangeran melihat bahwa santri di sini juga belajar komputer, Bahasa Inggris, dan menggunakan internet. Jadi pesantren juga mengikuti perkembangan zaman," ujarnya Pihak pesantren, Lanjut Khoirul, telah bekerjasama dengan kerajaan Inggris sejak dua tahun lalu. Program kerjasama dibingkai dalam program Training Education Head Master of Pesantren. Melalui program itu, Pesantren Krapyak mengirimkan tiga orang pengasuh pesantren untuk mengikuti pendidikan manajemen dan mengkampanyekan bahwa umat Islam Indonesia adalah umat inklusif dan bukan penganut paham fundamentalis. (NU Online)


No response to “Pangeran Charles Kunjungi Pesantren Krapyak”

 
© 2009 :: Rio's Blog | Love Aswaja ::. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Blogger Layout by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz |Modern Home Design