Tuesday, May 20, 2008

Perguruan Tinggi Islam Harus Menjadi Pusat Studi Internasional


Perguruan Tinggi Islam ke depan ditantang untuk menjadi pusat keunggulan studi-studi Islam, baik pada tingkat regional, nasional maupun internasional.Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Agama (Menag) M Maftuh Basyuni ketika membuka Seminar Internasional Jaringan Pendidikan Islam Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Wasliyah Medan. "Sekarang ini, kita baru mulai mendorong untuk rintisan perguruan tinggi bertaraf internasional, " kata Menag. Ia mengatakan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sudah mulai menuju ke arah World Class University. Di mana, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk perguruan tinggi kelas internasional, antara lain telah memiliki 40 persen tenaga pendidik yang berkualifikasi doktor.

"Selain itu, ada publikasi internasional sebanyak dua paper per staf per tahun, jumlah mahasiswa pascasarjana 40 persen dari total populasi mahasiswa (student body), " ujarnya. Lebih lanjut Maftuh menjelaskan, selain rintisan perguruan tinggi bertaraf internasional di beberapa tempat, pihaknya juga sudah mulai merintis penyelenggaraan Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional yang direncanakan akan diselenggarakan di Yogyakarta, Makassar, Kalimantan Timur, Dumai, Banyu Asin Palembang dan Batam.

Menag menyatakan, gagasan ini pada hakikatnya merupakan kelanjutan dari sejarah panjang perjuangan para cerdik-pandai kita pada masa lalu. Karya-karya monumental mereka telah ditulis dengan "tinta emas." Ia berharap, dari penyelenggaraan seminar Internasional Jaringan Pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi Islam dapat menghasilkan sesuatu dan merupakan spirit kebangkitan baru intelektual di kawasan Asia Tenggara. Pada acara seminar tersebut juga menghadirkan pembicara Guru Besar Universitas Selanggor Malaysia dan Penanggung Jawab Pengembangan Bioteknologi Selanggor, Malaysia Prof Dr Abdullatif Ibrahim.

Selain itu, Dr Muhammad Muheden Abdul Rahman, Dosen Kanan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaysia Nilam Puri 1601 Kota Bharu Kelantan Malaysia dan Prof Dr Muslim Nasution, MA, Dosen Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Jakarta. (eramuslim.com)

No response to “Perguruan Tinggi Islam Harus Menjadi Pusat Studi Internasional”

 
© 2009 :: Rio's Blog | Love Aswaja ::. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Blogger Layout by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz |Modern Home Design