Thursday, October 16, 2008

Guru Pesantren Dilatih Tangani Narkoba


Penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan remaja sungguh telah menyebabkan keprihatinan kita semua. Banyak masalah yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba baik dampaknya terhadap individu itu sendiri, masyarakat dan negara. Data di Rumah Sakit Ketergantungan Obat saat in menunjukkan bahwa pengguna terbanyak berusia antara 15-29 tahun yang merupakan bagian dari anak bangsa. Kondisi ini mengundang keprihatinan dari Lembaga Pelayanan Kesehatan Nahdlatul Ulama (LPKNU) sebagai lembaga yang berdiri di bawah naungan Nahdlatul Ulama memiliki tanggung jawab untuk menyelamatkan anak bangsa dari ancaman dan kekejaman narkoba.

Kali ini LPKNU, menghimpun beberapa pesantren yang merupakan basis kekuatan umat Islam dalam mengemban amanat ketuhanan sebagai khalifah di muka bumi dengan menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Skill (Training on Enhancing Life Skill) dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba bekerjasama dengan The Colombo Plan. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta pada 13-17 Oktober 2008. “Anak bangsa saat ini akan menentukan kemajuan dan kemunduran bangsa, agama dan negara akan datang. Dengan demikian telah menjadi kewajiban seluruh elemen umat manusia untuk dapat menyelamatkan anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba,” Kata dr Wan Nedra Komaruddin, wakil ketua LPKNU kepada NU Online, Selasa (14/10).

Mereka yang dilatih meliputi 30 orang guru pesantren, meliputi guru biologi atau IPA, guru kurikulum serta perwakilan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Aman NU. “Orang yang sangat berperan kepada generasi muda selain orang tua adalah guru,” katanya memberikan alasan. Para guru tersebut nantinya diharapkan mampu memberikan pengetahuan dalam hal konsekuensi penyalahgunaan narkoba sehingga bisa mencegah para murid menghindari barang haram ini. Para konsultan pelatihan narkoba yang berasal dari Colombo Plan juga akan melakukan kunjungan ke pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta yang sudah memiliki program penanganan Narkoba di sana. (NU)

No response to “Guru Pesantren Dilatih Tangani Narkoba”

 
© 2009 :: Rio's Blog | Love Aswaja ::. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Blogger Layout by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz |Modern Home Design